Bagian 3 Button Rotasi

Augmented Reality - Button Rotasi

Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial Augmented Reality Bagian 2. Jika kamu belum mengetahui Augmented Reality, kamu bisa mempelajari di tutorial sebelumnya pada link berikut ini: Augmented Reality Bagian 1

Target yang akan dicapai pada tutorial ini adalah sahabat akan dapat membuat tombol yang fungsinya untuk merotasi objek 3D sehingga terlihat lebih menarik, langsung saja tonton videonya di bawah ini.

Source Code

using UnityEngine;
using System.Collection;

public class ARMenu : MonoBehavior {
  //Membuat variabel untuk resize layar 
  public GUISkin guiSkin;
  private float guiRatio;
  private float sWidth;
  private Vector3 GUIsF;

  public GameObject sphere;
  public float kecepatanRotasi = 50f;
  bool statusRotasi = false;
		       
  void Awake(){
    sWidth = Screen.width;
    guiRatio = sWidth/1920;
    GUIsF = new Vector3(guiRatio,guiRatio,1);
  }
		
  void OnGUI(){
    GUI.skin = guiSkin;
    //letakkan function disini
    Rotasi();
  }

     
  void Rotasi(){
    //Meletakkan tombol dipojok kanan atas
    GUI.matrix = Matrix4x4.TRS(new Vector3(Screen.width-258*GUIsF.x,GUIsF.y,0),Quartenion.identity,GUIsF);
			
    if (statusRotasi==false){
      if(GUI.Button(new Rect(-208,10,238,59),”Rotasi”)){
      statusRotasi = true;
      }
    }else{
      if(GUI.Button(new Rect(-208,10,238,59),”Stop Rotasi”)){
      statusRotasi = false;
     }			
    }

    if(GUI.Button(new Rect(40,10,208,59),“Keluar”){
      Application.Quit(); //Keluar dari aplikasi
    }
  }

  void Update(){
    if(statusRotasi==true){
      sphere.transform.Rotate(Vector3.up, kecepatanRotasi * Time.deltaTime);
    }
  }
}

 

Anton Prafanto

Konten developer kodingindonesia.com & staf pengajar tetap di Universitas Mulawarman Samarinda

all author posts