Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial Augmented Reality Bagian 1. Jika kamu belum mengetahui Augmented Reality, kamu bisa mempelajari di tutorial sebelumnya pada link berikut ini: Augmented Reality Bagian 1.
Target yang akan sahabat capai pada tutorial bagian 2 ini yaitu, sahabat akan dapat membuat tombol yang letaknya akan menyesuaikan layar device, sehingga aplikasi Augmented Reality yang dibuat dapat berjalan di device dengan ukuran layar yang bervariasi.
Berikut tutorial 2 Augmented Reality tentang autorezise menu sesuai layar device (PC, Laptop, Android, IOS), langsung saja tonton videonya di bawah ini.
using System.Collections; using System.Collections.Generic; using UnityEngine; public class ARMenu : MonoBehaviour { public GUISkin guiSkin; public float guiRatio; public float sWidth; public Vector3 GUIsF; void Awake(){ sWidth = Screen.width; guiRatio = sWidth / 1920; GUIsF = new Vector3 (guiRatio,guiRatio,1); } void OnGUI(){ GUI.skin = guiSkin; //Membuat tombol di pojok kiri atas (top left corner) GUI.matrix = Matrix4x4.TRS(new Vector3(GUIsF.x,GUIsF.y,0),Quaternion.identity,GUIsF); GUI.Button (new Rect (20, 20, 258, 89), "Tombol 1"); //Membuat tombol di pojok kanan atas (top right corner) GUI.matrix = Matrix4x4.TRS(new Vector3(Screen.width - 258*GUIsF.y,0),Quaternion.identity,GUIsF); GUI.Button (new Rect (20, 20, 258, 89), "Tombol 2"); } }